Analisis Dan Perancangan Sistem Pakar Fuzzy Berbasis Web Untuk Mendiagnosis Penyakit THT

Latar Belakang 

Pada saat ini, metode kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)  banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti: bisnis, militer, pendidikan, psikologi, permainan termasuk aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran. Teknologi  softcomputing  adalah sebuah bidang kajian penelitian interdisipliner dalam ilmu komputasi dan kecerdasan buatan (Hidayat dan Yusro, 2007, hal: 1). Beberapa teknik dalam  softcomputing, antara lain: sistem pakar (expert system), jaringan syaraf tiruan (neural networks), logika fuzzy (fuzzy logic), dan algoritma genetik (genetic algorithms), banyak dikembangkan karena mempunyai keunggulan dalam penyelesaian masalah yang mengandung ketidakpastian, ketidaktepatan, dan kebenaran parsial termasuk dalam bidang kesehatan.  

Seorang dokter adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman spesifik dalam bidang kedokteran. Seorang dokter berperan sebagai pakar dalam memberikan informasi kepada pasien mengenai penyakit yang dideritanya berdasarkan keluhan-keluhan yang dialami oleh si pasien. Namun, dalam proses mendiagnosis penyakit si pasien, sering dijumpai data mengenai gejala-gejala penyakit  yang bersifat parsial, sehingga kadang kala seorang dokter pun mengalami kesulitan dalam mencari hubungan antara gejala-gejala dengan suatu penyakit.  

Penyakit di sekitar telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) biasanya disebabkan oleh infeksi kuman. Namun banyak pula yang diakibatkan kelainan perkembangan sel tubuh, yang belakangan berubah yang kemudian menjadi tumor atau kanker. Ironisnya, sebagian besar pasien masih menganggap remeh gejala awal penyakit yang semakin meningkat di Indonesia sejak lima tahun terakhir. Akibatnya, saat ketika memeriksakan diri ke dokter, barulah diketahui bahwa penyakitnya sudah memasuki stadium lanjut. 

 Teknologi  internet memudahkan manusia untuk mengakses informasi tanpa terbatas ruang dan waktu. Pemanfaatan teknologi ini memudahkan perancangan sistem pakar  fuzzy  berbasis  web  untuk mendiagnosis penyakit THT. Pembuatan website  ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tanpa harus datang kepada pakar, serta diharapkan  akan mengurangi atau bahkan menghilangkan permasalahan yang ada.  

Penggunaan  fuzzy  dalam program aplikasi ini adalah untuk memetakan prosentase antara suatu gejala terhadap penyakit lainnya. Misalnya seorang yang mengalami batuk maupun tenggorokan gatal mempunyai area gejala yang sama, yakni sakit pada bagian tenggorokan. Yang membedakannya adalah intensitas dan frekuensi serangan dari masing-masing gejala tersebut terhadap tenggorokan dan gejala-gejala susulan lainnya. Aplikasi sistem pakar  fuzzy  ini diharapkan dapat membantu meringankan pekerjaan dokter dalam mendiagnosis penyakit pasiennya.

Rumusan Masalah 

Permasalahan yang akan dibahas adalah:  
1.  Bagaimana merancang tabel fuzzy information system yang berisi pemetaan nilai prosentase antara gejala terhadap penyakit berdasarkan intensitas dan frekuensi  
setelah mendapat informasi dari pakar. 
2.  Bagaimana mengetahui nama penyakit berdasarkan  input  gejala-gejala yang diberikan oleh user. 
3.  Bagaimana merancang tampilan agar mampu memberikan informasi yang tepat dan mudah digunakan oleh user. 

Batasan Masalah 

Ruang lingkup masalah ini dibatasi pada: 
1.  Sistem pakar fuzzy ini berbasis web 
2.  Sumber pengetahuan diperoleh dari pakar, buku-buku, dan internet 
3.  Metode inferensinya menggunakan metode forward chaining 
4.  Parameter yang digunakan dalam menganalisis adalah nilai gejala berdasarkan frekuensi dan intensitas 
5.  Perancangan aplikasi akan menghasilkan 6 kemungkinan  output, yaitu: kecil sekali, kecil, ragu, agak besar, besar, dan hampir pasti 
6.  Sistem pakar fuzzy ini ditujukan untuk paramedis 
7.  Tidak membahas faktor kepastian (Certainty Factor) 
8.  Desain aplikasi menggunakan  Macromedia Dreamweaver 8.0,  Xampp-win32-1.7.1 
9.  Bahasa pemrograman yang digunakan PHP 5 
10. Basis data yang digunakan MySQL Server 5 
  
Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu perangkat lunak untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan diagnosis penyakit THT dengan metode fuzzy, sebaik dan seperti pakar. 

Manfaat Penelitian 

Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah: 
1.  Membantu dokter  dalam penegakan diagnosis  penyakit THT 
2.  Memudahkan user untuk mengakses informasi tanpa terbatas ruang dan waktu 

0 komentar:

Posting Komentar