Sistem Informasi Sekolah SMA Swasta Mulia Medan Berbasis Web Menggunakan PHP & MYSQL

Latar BelakangPerkembangan teknologi informasi dan teknologi komputer saat ini berkembangdengan sangat pesat. Kebutuhan akan itu pun semakin diminati oleh semua kalangan masyarakat, baik masyarakat awam  maupun  kaum  intelektual. Hal ini berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang biasanya dilakukansecara manual dan tradisional akan semakin lebih cepat dan tepat jika dilakukan dengan bantuan  mesin yaitu teknologi komputer. Dengan pemanfaatan teknologi komputer tersebut juga dapat menghemat segala sesuatu, baik itu tenaga, waktu maupun biaya, sehingga pengeluaran untuk itu dapat ditekan seminimal mungkin.

Dokumentasi nilai akademis sangat penting bagi pihak sekolah maupun pihak siswa dan orang tua. Aplikasi yang berbasis web ini dapat digunakan oleh pihak sekolah dan tentunya juga dapat di akses oleh orang tua siswa. Hal itu dibuat agar pegawai sekolah atau guru yang ingin melakukan pengolahan nilai dan pencatatan
data akademik dapat dengan mudah melakukannya. Keuntungan di pihak orang tua yaitu orang tua dapat memonitor langsung kegiatan anaknya di sekolah dan dapat melihat langsung hasil yang di dapat anaknya selama melakukan kegiatan belajar di sekolah mereka.

Melihat hal itu penulis ingin membuat suatu aplikasi yang dapat melakukanpenanganan data-data yang akan diolah ke dalam sebuah pangkalan data danmerancang suatu website sebagai antarmuka yang dapat membantu kerumitan-kerumitan yang dialami selama ini dan juga menjadi sebagai bahan penulisan tugas akhir dengan judul :“SISTEM INFORMASI SEKOLAH SMA SWASTA MULIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL” 

Rumusan MasalahUntuk memudahkan penelitian agar tidak menyimpang dari tujuan awal, maka dilakukan pembatasan masalah-masalah sebagai berikut :
1. Penelitian dilakukan di SMA Mulia Medan.
2. Data yang dikelola adalah data nilai dan dokumen-dokumen sekolah yangberkaitan dengan kegiatan akademik, dan juga di cantumkan beberapa data pegawai dan guru yang terlibat dalam kegiatan akademik

.Tujuan PenelitianTujuan dari penelitian adalah membuat aplikasi berbasis web yang mengolah data akademik dan mengaplikasikan Software Apache, PHP, dan MySQL.

Kontribusi PenelitianKontribusi yang diambil yaitu dirancang untuk membentuk suatu Web dinamis yang artinya halaman akan ditampilkan saat halaman itu diminta oleh pengguna/klien.Maka diharapkan dapat menjadi nilai tambah dan bermanfaat bagi  instansi yang bergerak di bidang pendidikan.

Full Credit: Yofie Kurniawan Tarigan

0 komentar:

Posting Komentar