Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik Elgamal Untuk Mahasiswa

Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari manusia banyak bergantung pada teknologi informasi, baik dari hal kecil hingga ke permasalahan yang rumit. Contoh teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari yaitu  ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Email, SMS, MMS, Chatting dan sebagainya (Ariyus, 2008). Kemajuan teknologi informasi memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan manusia. Tetapi keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi informasi juga menimbulkan kejahatan seperti pencurian data. Sehingga  perkembangan ilmu  untuk mengamankan data semakin ditingkatkan agar pengguna teknologi selalu merasa aman. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga keamanan data tersebut. Salah satunya dengan menyandikan data menjadi suatu kode-kode yang tidak dimengerti, sehingga apabila disadap akan kesulitan untuk
mengetahui informasi yang sebenarnya.  

Metode penyandian yang pertama kali dibuat masih menggunakan metode algoritma rahasia. Metode ini menumpukan pada kerahasiaan algoritma yang digunakan. Namun metode ini tidak efisien saat harus digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Oleh karena itu, seseorang harus membuat algoritma baru apabila akan bertukar informasi rahasia dengan orang lain. Karena penggunanya merasa tidak efisien maka algoritma rahasia mulai ditinggalkan dan dikenalkan suatu metode baru yang disebut dengan algoritma kunci. Metode ini tidak menumpukan keamanan pada algoritmanya, tetapi pada kerahasiaan kunci yang digunakan pada proses peyandiannya. Algoritmanya dapat diketahui dan dipelajari oleh siapapun. Metode algoritma kunci mempunyai tingkat efisiensi dan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma rahasia. Algoritma kunci yang dikenal dengan kriptografi telah melingkupi aspek kehidupan manusia saat ini. Begitu pentingnyakriptografi, saat berbicara tentang keamanan komputer orang tidak bisa
memisahkannya dengan kriptografi (Munir, 2006).

Kriptografi sangat penting untuk dipelajari. Saat ini pembelajaran pun mulai dikemas secara lebih praktis dan menarik melalui media komputer karena komputer mampu menampilkan teks,  warna, suara, video, gerak, gambar serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif. Menurut Suyadi (2008), media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa. Model  pembelajaran   yang   diterapkan   dalam   pembelajaran berbantuan komputer secara  umum   dapat   diklasifikasikan  menjadi   empat model,   yaitu   : 1)  tutorial,   2)  drill  and   practice, 3)  simulation, dan 4)   problem-solving.   Dalam   model   1 dan   2, komputer berperan   sebagai   pengajar,   sedangkan model 3 dan 4, untuk mengembangkan penggunaan   kemampuan   memecahkan   masalah   melalui  pendekatan  discovery atau exploratory. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.

Pada perkuliahan komputer, kriptografi menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan. Pembelajaran kriptografi menjadi sangat penting bagi mahasiswa komputer agar mengetahui cara-cara mengamankan data. Oleh karena itu penulis akan membuat aplikasi pembelajaran bagi mahasiswa khususnya pembelajaran kriptografi kunci publik ElGamal.

Algoritma ElGamal merupakan salah satu dari algoritma kunci. Algoritma ini dikembangkan pertama kali oleh Taher ElGamal pada tahun 1985. Sampai saat ini, algoritma ElGamal masih dipercaya sebagai metode penyandian, seperti aplikasi PGP dan GnuPG yang dapat digunakan untuk pengamanan e-mail dan tanda tangan digital. Pada tahun 1994 pemerintah Amerika Serikat mengadopsi Digital Signature Standard, sebuah mekanisme penyandian yang berdasar pada algoritma ElGamal  (Massandy, 2009). 

Rumusan Masalah
Pada perkuliahan komputer, kriptografi menjadi salah satu mata kuliah yang
diajarkan. Pembelajaran kriptografi menjadi sangat penting bagi mahasiswa komputer
agar mengetahui cara-cara  mengamankan data. Untuk mengatasi hal tersebut,
diperlukan pembelajaran tentang pengamanan data yaitu menggunakan metode kriptografi kunci publik ElGamal.

  Batasan Masalah
 

Agar tulisan ini tidak menyimpang dari ruang lingkup pembahasan, diperlukan batasan masalah sebagai berikut :
 1.  Algoritma yang dipakai adalah Algoritma ElGamal dan Fast Exponensial.
2.  Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Microsoft Visual Studio 2008.
3.  Hasil dekripsi berupa numerik (angka).
4.  Pesan yang di enkripsi berupa karakter ASCII.
5.  Untuk P harus menggunakan bilangan prima besar.

 Tujuan Penelitian
 

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :
 1. Agar dapat menentukan private key dan public key algoritma ElGamal.
2. Agar dapat mengetahui proses enkripsi dan dekripsi menggunakan algoritma ElGamal.
3. Membangun sebuah  aplikasi  pembelajaran  kriptografi menggunakan algoritma ElGamal dan Fast Exponensial. 

Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah :
 1. Aplikasinya dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mempelajari kriptografi ElGamal.
2. Dapat mengetahui proses enkripsi dan dekripsi ElGamal.
3. Menambah ilmu pengetahuan serta menjadi bahan referensi dan perbandingan untuk penelitian yang berkaitan dengan pengggunaan kriptografi kunci publik ElGamal.
 
Full Credit: Anandia Zelvina

0 komentar:

Posting Komentar