Analisis Dan Implementasi Algoritma Linear Search Pada Permainan Word Scramble
Latar Belakang
Permainan atau sering disebut dengan game merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Permainan juga dapat berguna untuk melatih dan mengasah kemampuan berpikir seseorang.
Permainan atau sering disebut dengan game merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Permainan juga dapat berguna untuk melatih dan mengasah kemampuan berpikir seseorang.
Permainan adalah salah satu solusi alternat if untuk pembelajaran murid. Tidak sedikit murid yang merasa bosan ketika belajar sehingga dapat menghambat proses belajar mengajar. Faktanya permainan dapat membantu dan menyemangati banyak mur id untuk dapat terus menjaga ketertarikan mereka untuk belajar. Saat ini, terdapat berbagai macam permainan yang bertujuan untuk menambah wawasan kosakata Bahasa Inggris, salah satunya adalah word game (permainan kata).
Dari sekian banyak macam jenis permainan kata yang ada, Word Scramble termasuk salah satu jenis permainan kata yang populer. Permainan Word Scramble diawali dengan pengacakan huruf oleh komputer, kemudian pemain mencari kosakata yang bisa disusun dari huruf acak tersebut. Huruf-huruf tersebut harus terhubung secara vertikal, horizontal atau diagonal pada papan permainan.
Pada permainan ini terdapat beberapa permasalahan seperti pengacakan huruf pada papan permainan agar pola pengacakannya dapat mempermudah pemain untuk menemukan lebih banyak kata, pencocokan jawaban pemain oleh komputer dengan kata pada kamus, tampilan antarmuka aplikasi permainan, dan sistem penilaian untuk setiap kata yang ditemukan oleh pemain berdasarkan jumlah huruf pada kata tersebut.
Oleh karena itu, penulis mengangkat judul “Analisis dan Implementasi Algoritma Linear Search pada Permainan Word Scramble” untuk mencari tahu apakah algoritma Linear Search dapat diimplementasikan pada permainan Word Scramble.
Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan diteliti dan diuraikan disini adalah:
1. Bagaimana mengimplementasikan algoritma Linear Search pada permainan Word Scramble.
2. Bagaimana komputer dapat melakukan pencarian kata pada kamus yang sesuai dengan jawaban pemain dengan menggunakan algoritma Linear Search.
Batasan Masalah
Batasan masalah pada tugas akhir ini adalah:
1. Papan permainan berukuran 4x4.
2. Huruf diacak berdasarkan frekuensi huruf yang paling sering muncul dalam Bahasa Inggris.
3. Pencarian jawaban yang valid menggunakan algoritma Linear Search.
4. Kata-kata yang akan ditebak disimpan dalam kamus dengan format .txt.
5. Kata-kata dalam kamus tidak dapat dimodifikasi.
6. Permainan ini bersifat single player.
7. Pembangunan permainan ini menggunakan aplikasi Adobe Flash CS5 dan ActionScript 3.
Permasalahan yang akan diteliti dan diuraikan disini adalah:
1. Bagaimana mengimplementasikan algoritma Linear Search pada permainan Word Scramble.
2. Bagaimana komputer dapat melakukan pencarian kata pada kamus yang sesuai dengan jawaban pemain dengan menggunakan algoritma Linear Search.
Batasan Masalah
Batasan masalah pada tugas akhir ini adalah:
1. Papan permainan berukuran 4x4.
2. Huruf diacak berdasarkan frekuensi huruf yang paling sering muncul dalam Bahasa Inggris.
3. Pencarian jawaban yang valid menggunakan algoritma Linear Search.
4. Kata-kata yang akan ditebak disimpan dalam kamus dengan format .txt.
5. Kata-kata dalam kamus tidak dapat dimodifikasi.
6. Permainan ini bersifat single player.
7. Pembangunan permainan ini menggunakan aplikasi Adobe Flash CS5 dan ActionScript 3.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Menerapkan algoritma Linear Search pada proses pencarian kata yang diperoleh pemain dengan kata dalam kamus.
2. Membuat sebuah permainan komputer dimana pemain ditugaskan untuk mencari kosakata Bahasa Inggris pada papan permainan yang berisi huruf-huruf yang tersusun secara acak.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Menerapkan algoritma Linear Search pada proses pencarian kata yang diperoleh pemain dengan kata dalam kamus.
2. Membuat sebuah permainan komputer dimana pemain ditugaskan untuk mencari kosakata Bahasa Inggris pada papan permainan yang berisi huruf-huruf yang tersusun secara acak.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Mengimplementasikan algoritma Linear Search dalam permainan Word Scramble.
2. Mengasah kemampuan pemain dalam intuisi bermain, khususnya pada permainan kata.
Manfaat dari tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Mengimplementasikan algoritma Linear Search dalam permainan Word Scramble.
2. Mengasah kemampuan pemain dalam intuisi bermain, khususnya pada permainan kata.
Full Credit: Ammahli Fakar Tarigan
0 komentar:
Posting Komentar