Analisis Dan Implementasi Algoritma Linear Search Pada Permainan Word Scramble

 Latar Belakang
Permainan atau sering disebut dengan  game merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa.  Permainan  juga dapat berguna untuk melatih dan mengasah kemampuan berpikir seseorang.
 
Permainan adalah salah satu solusi alternat if untuk pembelajaran murid. Tidak sedikit murid yang merasa bosan  ketika belajar  sehingga dapat menghambat proses belajar mengajar.  Faktanya permainan dapat membantu  dan menyemangati banyak mur id untuk dapat terus menjaga ketertarikan mereka untuk belajar. Saat ini, terdapat berbagai  macam permainan  yang bertujuan untuk menambah wawasan  kosakata Bahasa Inggris, salah satunya adalah word game (permainan kata).
 
Dari sekian  banyak macam jenis permainan  kata  yang ada, Word  Scramble termasuk  salah satu jenis permainan  kata yang populer. Permainan Word  Scramble diawali dengan pengacakan huruf oleh komputer, kemudian pemain mencari kosakata yang bisa disusun dari huruf  acak tersebut.  Huruf-huruf tersebut harus terhubung secara vertikal, horizontal atau diagonal pada papan permainan. 
 
Pada permainan ini terdapat beberapa permasalahan seperti pengacakan huruf pada papan permainan agar pola pengacakannya dapat mempermudah pemain untuk menemukan  lebih banyak kata,  pencocokan jawaban pemain oleh komputer dengan kata pada kamus, tampilan antarmuka aplikasi permainan, dan sistem penilaian untuk setiap kata yang ditemukan oleh pemain berdasarkan jumlah huruf pada kata tersebut.  

Oleh karena itu, penulis mengangkat judul “Analisis dan Implementasi Algoritma Linear Search pada Permainan Word Scramble” untuk mencari tahu apakah algoritma Linear Search dapat diimplementasikan pada permainan Word Scramble.
  
Rumusan Masalah
 

Permasalahan yang akan diteliti dan diuraikan disini adalah: 
1.  Bagaimana mengimplementasikan algoritma  Linear Search  pada permainan Word Scramble.
2.  Bagaimana komputer dapat melakukan pencarian kata pada kamus yang sesuai dengan jawaban pemain dengan menggunakan algoritma Linear Search.
 
Batasan Masalah


Batasan masalah pada tugas akhir ini adalah:
1.  Papan permainan berukuran 4x4.
2.  Huruf diacak berdasarkan frekuensi huruf yang paling sering muncul dalam Bahasa Inggris.
3.  Pencarian jawaban yang valid menggunakan algoritma Linear Search.
4.  Kata-kata yang akan ditebak disimpan dalam kamus dengan format .txt.
5.  Kata-kata dalam kamus tidak dapat dimodifikasi.
6.  Permainan ini bersifat single player.
7.  Pembangunan permainan ini menggunakan aplikasi  Adobe Flash CS5 dan ActionScript 3.
 
 Tujuan Penelitian
 

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.  Menerapkan algoritma  Linear Search  pada proses pencarian  kata yang diperoleh pemain dengan kata dalam kamus.
2.  Membuat sebuah permainan komputer  dimana  pemain ditugaskan untuk mencari kosakata Bahasa Inggris  pada  papan  permainan  yang  berisi huruf-huruf yang tersusun secara acak. 

Manfaat Penelitian

Manfaat dari tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1.  Mengimplementasikan algoritma  Linear Search  dalam permainan  Word Scramble.
2.  Mengasah kemampuan  pemain  dalam intuisi bermain, khususnya pada permainan kata.
 
Full Credit: Ammahli Fakar Tarigan

0 komentar:

Posting Komentar