Studi Perbandingan Algoritma Huffman Dan LZW (Lempel Ziv Welch) Pada Pemampatan File Teks

LATAR BELAKANG
Kemajuan teknologi memicu kebutuhan informasi yang semakin besar. Sayangnya kebutuhan informasi yang besar ini berdampak pada kebutuhan  storage  (media penyimpanan) yang semakin besar pula. Informasi yang dimaksud adalah informasi yang berupa  file text (file berisi tulisan biasa). Teks adalah kumpulan dari karakter – karakter atau string yang menjadi satu kesatuan. Teks yang memuat banyak karakter didalamnya  selalu menimbulkan masalah pada media  penyimpanan dan kecepatan waktu pada saat transmisi data.

Media penyimpanan yang terbatas, membuat  semua orang mencoba berpikir untuk menemukan sebuah cara yang dapat digunakan untuk memampatkan data  teks. pemampatan  ialah proses pengubahan  sekumpulan data menjadi suatu bentuk kode untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data . 

  Ada beberapa faktor yang sering menjadi pertimbangan dalam memilih suatu metode  pemampatan  yang tepat, yaitu  kecepatan  pemampatan, sumber daya yang dibutuhkan (memori,  kecepatan PC),  ukuran file hasil  pemampatan, besarnya redundansi, dan kompleksitas algoritma. Tidak ada metode pemampatan yang paling efektif untuk semua jenis file.  Dalam penelitian ini,  diimplementasikan  dua buah metode pemampatan, yaitu algoritma Huffman dan  LZW yang masing-masing mewakili sebuah kategori teknik pengkodean, dalam bentuk sebuah perangkat lunak. Kedua metode ini  diujikan untuk pemampatan  dan penirmampatan  tipe dan ukuran file text yang berbeda. Lalu dilakukan analisis statistik untuk membandingkan kinerja setiap metode berdasarkan dua faktor,  yaitu rasio/perbandingan ukuran file hasil pemampatan terhadap file asli dan kecepatan pemampatannya.
 
Rumusan Masalah
 

Dari latar belakang di atas dapatlah dirumuskan beberapa masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini, yaitu:

1.  Bagaimana cara menerapkan algoritma huffman dan LZW dalam pemampatan data yang berupa data teks dan bagaimana proses encoding pada algoritma Huffman dan LZW untuk data yang akan dimampatkan dari ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil serta  bagaimana proses decoding pada algoritma Huffman dan LZW untuk data yang telah dimampatkan agar kembali ke ukuran semula .
 2.  Menghitung berapa kecepatan pemampatan pada masing-masing algoritma . 
3.  Berapa rasio/perbandingan ukuran file hasil pemampatan terhadap file asli . 
 
 Batasan masalah
 

Untuk memfokuskan pada tujuan penelitian maka penulis membatasi pembahasan penelitian ini. Adapun yang menjadi pembatasan masalah adalah sebagai berikut:

1.  Data yang dimampatkan berupa text, tidak berupa image, video dan audio.
2.  Operating System yang digunakan yaitu Windows XP.
3.  File yang dimampatkan adalah file teks (*.txt), file rtf (*.rtf), file html (*.htm) dan file dokumen (*.doc) .
4.  Rasio ( perbandingan ) yang dilakukan berdasarkan kecepatan pemampatan dan ukuran file hasil pemampatan terhadap ukuran semula .
5.  Tidak membahas kompleksitas masing-masing algoritma.  

 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mengetahui performansi dari masing-masing algoritma baik itu Algoritma Huffman dan Algoritma LZW dalam pemampatan  teks serta mengetahui kelebihan dan kekurangan algoritma Huffman dan LZW

 Manfaat Penelitian
 

Manfaat dari penelitian  ini yaitu memahami dan mengetahui bagaimana memilih teknik  pemampatan yang  tepat, sehingga dapat bermanfaat juga untuk melakukan penyimpanan data dalam ruang penyimpanan yang terbatas .
 

Full Credit  Canggih Pramilo

0 komentar:

Posting Komentar