Analisis Dan Implementasi Keamanan E-Mail Menggunakan Algoritma RSA Sebagai Enkripsi Dan Dekripsi Pada Mozilla Thunderbird

 Latar Belakang

Dewasa ini penggunaan  teknologi internet di dunia sudah berkembang pesat. Semua kalangan  telah menikmati internet. Dengan terjadinya perkembangan zaman, teknologi  juga mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Salah satu aplikasi internet yang banyak digunakan adalah pengiriman pesan secara elektronik, yang disebut  e-mail.  E-mail  digunakan sejak awal terbentuknya internet pada tahun 1969 dan  e-mail  merupakan aplikasi yang ada pada saat awal terbentuknya internet. Penggunaan e-mail juga sudah semakin pesat, e-mail digunakan untuk mengirimkan suatu informasi yang cepat dan efisien. 

Seiring dengan berjalannya waktu, pengiriman pesan melalui e-mail menjadi salah satu hal yang penting. Namun ada beberapa ancaman yang kita tidak tahu pada saat menggunakan e-mail seperti penyadapan isi e-mail, merubah isi e-mail oleh orang yang tidak berkepentingan dan menjadikan  e-mail  itu tidak asli lagi. Karena adanya ancaman keamanan pada  e-mail, para ahli kriptografi membuat suatu sistem yang digunakan untuk menjaga keamanan, kerahasian, dan keaslian dari suatu pesan dengan menggunakan algoritma RSA.

Algoritma RSA  dibuat oleh 3 orang peneliti dari MIT (Massachussets Institute of Technology) pada tahun 1976, yang terdiri dari Ron Rivest, Adi Shamir, dan Leonard Adleman.  Keamanan algoritma RSA terletak pada sulitnyamemfaktorkan bilangan yang besar menjadi faktor-faktor prima.  Pemfaktoran dilakukan untuk memperoleh kunci pribadi.

Melihat permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk menganalisis dan mengimplemetasikan sistem keamanan  e-mail  dengan menggunakan algoritma RSA sebagai enkripsi dan dekripsi pada Thunderbird. 

 Rumusan Masalah
 

Masalah yang akan dibahas di dalam penelitian ini adalah : 
1. Menganalisis keamanan e-mail dengan algoritma RSA pada Thunderbird.
2. Membangun  add-on  keamanan  e-mail  menggunakan  algoritma RSA pada Thunderbird.

  Batasan Masalah
 

Agar pembahasan penelitian ini tidak menyimpang dari apa yang telah  dirumuskan, maka diperlukan batasan-batasan. Batasan-batasan dalam penelitian ini adalah:
1. Pembahasan hanya pada pengimplementasian dan proses kerja  enkripsi dan dekripsi pada e-mail.
2. Sistem dibangun dengan Javascript.
 
 Tujuan Penelitian
Tujuan  penelitian ini adalah untuk membuat  add-on  enkripsi dan dekripsi pada Thunderbird agar  e-mail menjadi lebih aman. 

Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian  ini memberikan keamanan bagi user pada penggunaan e-mail agar orang yang tidak berhak tidak bisa membaca informasi yang ada pada e-mail tersebut.
 
Full credit: Muhammad Januar Rambe


 

0 komentar:

Posting Komentar